Review Grand Theft Auto V: Game Open-World Terbaik! | Berita Extra

G+

Artikel menarik ini ditulis dan diterbitkan dari jagatplay.com
silahkan simak artikel berikut ini tentang Review Grand Theft Auto V: Game Open-World Terbaik!

Setelah melewati proses penantian yang panjang, harus bertahan dengan nafsu menggebu-gebu yang muncul dari serangkaian screenshot dan trailer, Rockstar akhirnya memenuhi harapan sebagian besar gamer di seluruh dunia. Dengan biaya pengembangan lebih dari USD 256 juta untuk produksi dan marketing, GTA V akhirnya meluncur untuk Playstation 3 dan Xbox 360 – 17 September 2013 yang lalu. Lewat serangkaian informasi awal yang diluncurkan, Rockstar sendiri memang sempat mengklaim kehadiran begitu banyak inovasi, baik dari cerita, mekanik gameplay, hingga sensasi yang akan membuat seri ini jauh berbeda dan lebih baik.

Anda yang sempat membaca preview kami sebelumnya tentu saja sudah mendapatkan sedikit gambaran akan apa yang sebenarnya ditawarkan oleh seri yang satu ini. Walaupun dirilis untuk konsol teknologi lawas sekelas Playstation 3 dan Xbox 360, GTA V menawarkan kualitas visualisasi yang terhitung menawan, wilayah yang begitu luas dengan penuh efek tata cahaya dan detail yang memesona.

Perbaikan di mekanik gameplay juga membuatnya lebih mudah untuk dinikmati, tentu saja dengan beberapa perubahan yang membutuhkan Anda untuk sedikit beradaptasi. Sistem tiga karakter dan segudang aktivitas menjadi pesona yang sulit untuk ditolak.

Namun, ternyata, begitu Anda mendalami dunia yang ditawarkan GTA V, game ini menawarkan sesuatu yang jauh lebih baik.

Lantas apa yang sebenarya disuntikkan oleh Rockstar di GTA V ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai game open-world terbaik? Review ini akan mengupasnya lebih dalam untuk Anda.
Plot


Perkenalkan tiga serangkai yang akan menjadi poros utama cerita GTA V: Franklin Clinton, Trevor Phillips, dan Michael Townley.

Berbeda dengan seri-seri sebelumnya yang hanya memuat satu karakter utama, GTA V hadir dengan kejutan ekstra, tiga karakter utama dengan tiga buah latar belakang cerita yang berbeda. Selamat datang di Los Santos, rumah dan medan pertempuran bagi Michael Townley, Trevor Philips, dan Franklin Clinton.

Aksi perampokan sembilan tahun lalu di North Yankton yang dilakukan oleh Michael dan Trevor bersama dengan dua kru lainnya berakhir bencana.

Disergap dengan kekuatan polisi yang masif, Michael yang tengah terluka akhirnya meminta Trevor untuk menyelamatkan diri dan akhirnya menghilang dalam kabut. Sembilan tahun setelahnya, kedua “sejoli” ini hadir dengan kesimpulan yang sama – bahwa masing-masing dari teman mereka telah tewas dalam tragedi tersebut. Namun siapa yang menyangka bahwa Michael ternyata berhasil menyelamatkan diri, berlindung sebagai saksi di bawah FIB, dan meraih kekayaan. Sementara di sudut kota yang lain, Trevor yang tidak pernah mengetahui nasib Michael, harus berjuang dan memulai bisnis narkotikanya dari awal.

Michael dan Trevor berbagi masa lalu. Upaya perampokan di North Yankton yang gagal akhirnya memisahkan keduanya, dengan masing-masing mengira yang lainnya tewas.

Sembilan tahun setelahnya, ketika Michael mulai mapan berkat sokongan dana dari FIB, sosok kriminal kelas bawah lainnya – Franklin Clinton mulai masuk ke dalam pusaran ini.

Di tengah benang merah antara dua karakter ini, hidup Franklin Clinton, seorang gangster muda yang baru hendak memulai kehidupan kriminalnya. Bekerja sebagai repo di sebuah dealer mobil, Franklin akhirnya bertemu dengan Michael yang sempat menjadi salah satu target kriminalnya. Pertemuan pertama yang berkesan antara kedua karakter ini akhirnya membangun hubungan kerjasama khusus, sebuah awal lebih banyak kegiatan kriminal. Dibantu oleh sang otak jenius – Lester, Michael dan Franklin akhirnya memutuskan untuk merampok sebuah toko perhiasan untuk memperkuat keuangan mereka. Perampokan yang membawa Michael kembali ke dunia kriminal, Franklin ke level yang lebih tinggi, dan Trevor untuk mengetahui bahwa sahabat terdekatnya belum tewas.

Perampokan yang disusun bersama Lester dan Franklin ternyata menyadarkan Trevor bahwa teman lama yang selama ini ia dukakan, ternyata selamat dan hidup enak di Los Santos.

Trevor pun berusaha mencari dan meminta kebenaran dari Michael.

Tim yang solid – Michael, Franklin, dan Trevor muncul sebagai kekuatan kriminal baru yang disegani, dan tentu saja mengundang begitu banyak ancaman.

Terkejut dengan fakta yang satu ini, Trevor pun melarikan diri ke Los Santos, berusaha mencari Michael dan meminta penjelasan. Usaha yang akhirnya berhasil berkat bantuan Dave. Namun alih-alih marah karena kebohongan Michael, Trevor kembali bersekutu untuk membentuk kembali kelompok kriminal yang sempat terpecah di masa lalu, kini tentu dengan bantuan Franklin dan Lester. Sayang seribu sayang, di sinilah masalah justru kian kompleks. Bersinggungan dengan begitu banyak kekuatan kriminal yang lain, bahkan pihak berwenang, ketiga serangkai ini harus berhadapan dengan ancaman yang siap untuk meminta nyawa mereka kapan saja.

Lantas berhasilkah Trevor, Michael, dan Franklin ini melakukan tindak kriminal terbesar mereka? Halangan apa saja yang siap untuk menghentikan mereka? Konflik seperti apa yang akan terjadi? Semua jawaban dari pertanyaan ini bisa Anda temukan dengan memainkan GTA V ini.

Tiga Karakter, Tiga Cerita, Satu Benang Merah

Tiga karakter, tiga cerita, satu benang merah.

Satu hal yang menarik dari GTA V, yang membuatnya berbeda dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya atau bahkan game open-world secara keseluruhan adalah mekanisme tiga karakter yang ia usung. Tidak lagi harus terjebak dengan satu karakter selama berpuluh-puluh jam permainan, Anda kini dapat mengendalikan Michael, Franklin, maupun Trevor secara terpisah. Menariknya lagi, setiap karakter hadir dengan latar belakang dan motif yang berbeda-beda walaupun pada akhirnya terhubung dengan satu benang merah cerita yang sama. Ada dua mekanisme yang diusung di pergantian karakter ini.

Ketika Anda tengah menjelajahi luasnya Los Santos dengan bebas, Anda bisa mengganti karakter dengan hanya memilih karakter yang Anda inginkan dari wheel yang ada. Kamera akan bergerak menjauh dan menuju langsung ke karakter yang Anda pilih dengan sedikit waktu loading. Kenapa Anda harus mengganti karakter? Karena seperti yang kami katakan sebelumnya, setiap karakter memiliki cerita yang berbeda-beda. Setiap karakter memiliki misinya sendiri-sendiri, dari side mission hingga misi utama yang memang membawa progress karakter lebih jauh.

Misi-misi yang terlihat di peta ini akan dikategorikan berdasarkan warna untuk memudahkan Anda – orange untuk Trevor, hijau untuk Franklin, dan biru untuk Michael. Beberapa misi juga akan menjadi roda pendorong cerita untuk dua atau bahkan ketiga karakter secara langsung. Inovasi ini tidak hanya berhenti di sana. Selama tidak digunakan, setiap karakter akan menampilkan ilusi tengah menjalani kehidupannya sehari-hari. Jadi jangan terkejut ketika Anda menemukan Trevor tengah dikejar oleh polisi atau Michael yang mungkin tengah bersantai di kediamannya ketika diganti.

Dengan sistem wheel di bagian bawah kanan layar, Anda bisa mengganti peran seabgai Michael, Trevor, ataupun Franklin secara instan.

Ketika Anda berpindah ke karakter lain, karakter yang tidak Anda gunakan akan menjalani hidup mereka sendiri-sendiri. Tidak mengherankan jika tiba-tiba ketika kembali ke Trevor dan menemukan dirinya tengah mabuk kepayang dan tertidur di sembarang tempat.

Setiap karakter akan memiliki misi pribadi mereka masing-masing untuk membentuk progress cerita. Di beberapa kesempatan, ketiga serangkai ini juga akan melebur di aksi yang sama.

Ketika berada di misi yang sama, proses perpindahan karakter akan berjalan secara real-time tanpa loading. Anda bisa mengganti-ganti karakter untuk mendapatkan posisi yang lebih strategis dalam pertempuran.

Sistem wheel untuk mengganti karakter ini juga dapat dimanfaatkan di medan pertempuran, ketika ketiga serangkai ini terperangkap dalam aksi yang sama. Menariknya, perpindahan karakter akan terjadi secara real-time tanpa waktu loading ketiga ketiga karakter ini berdekatan. Dengan posisi pergerakan karakter yang berbeda, perpindahan ini dapat dilakukan untuk mencapai keuntungan strategis tertentu di pertempuran. Contohnya? Anda bisa mengandalkan Michael yang berada dalam posisi lebih tinggi untuk berperan sebagai sniper, misalnya, ketika Trevor dan Franklin yang menggempur di bagian bawah. Ketika sebagian musuh yang jauh terhabisi, Anda bisa kembali mengendalikan Franklin atau Trevor untuk menghabisi sisa-sisa ancaman yang ada.

Kembalinya efek status yang dikombinasikan dengan kemampuan spesial di masing-masing karakter membuat peran ketiganya terlihat lebih spesifik. Setiap skill khusus ini dapat dieksekusi dengan mudah, hanya dengan memastikan sebuah bar kecil bewarna kuning di bawah peta penuh. Franklin dapat melambatkan waktu ketika berada di dalam kendaraan untuk mendapatkan kendali mobil yang lebih mumpuni, Michael dapat melambatkan waktu ketika terlibat dalam aksi tembak-menembak, dan Trevor dapat masuk dalam mode Rage yang membuatnya lebih kebal terhadap peluru dan mampu menghasilkan damage lebih besar.

Masing-masing karakter hadir dengan kemampuan spesial mereka masing-masing. Michael misalnya, dapat memicu bullet time ketika terlibat tembak-menembak.

Perbedaan tiap karakter juga kentara dari atribut-atribut yang mereka miliki dan tentu saja, bisa Anda bangun. Franklin misalnya, memiliki dasar atribut driving yang lebih tinggi dibandingkan dua karakter lainnya. Michael, walaupun hebat di shooting, ternyata tidak mampu mengimbangi stamina Franklin yang lebih muda, membuatnya tidak dapat diandalkan ketika berkompetisi secara fisik.

Namun perbedaan karakteristik di kemampuan spesial ini tidak lantas membuat peran yang berbeda-beda. Justru kembalinya fitur status dan skill permanen lah yang membuat atmosfer ini mengalir kuat. Seperti mekanisme yang diusung oleh game sekelas Skyrim, setiap karakter mampu mengembangkan status permanen sesuai dengan aksi yang mereka lakukan di Los Santos. Contoh? Karakter yang sering Anda gunakan untuk mengemudi akan mengembangkan kemampuan skill mengemudi yang lebih baik, yang sering berolahraga akan memiliki stamina lebih mumpuni, atau bahkan lebih mahir menembak ketika Anda berlatih di Ammu-Nation.

Setiap karakter memiliki set skill awal yang membuatnya lebih bisa diandalkan untuk peran dan tugas tertentu. Trevor misalnya, hadir dengan kombinasi skill yang membuatnya lebih cocok untuk menangani tugas-tugas udara.

Modifikasi Mekanik Gameplay yang Lebih Sempurna

Bukan sebuah seri baru namanya jika Rockstar tidak mampu mengimplementasikan beragam mekanik baru untuk menjadikan GTA V jauh lebih sempurna, jika dibandingkan dengan seri-seri GTA sebelumnya. Salah satu yang paling kentara terasa ada perubahan mekanik gameplay dan shooting. Jauh lebih nyaman dan menantang, Anda tidak bisa lagi berkendara seenak diri di jalanan besar Los Santos.

Kecepatan bisa menjadi teman atau musuh Anda sekaligus, dengan beberapa mekanik yang membutuhkan adaptasi tersendiri. Menariknya lagi, kendaraan kini didesain jauh lebih solid. Jika sedikit saja tabrakan akan membuat kendaraan Anda berapi dan meledak di GTA IV, kendaraan di GTA V lebih tahan banting, untuk mendukung pencapaian misi yang setidaknya lebih bisa diandalkan.

Mekanik berkendara dan aksi bersenjata disempurnakan untuk menghasilkan kenyamanan ekstra. Anda tidak akan lagi merasa tengah berjalan licin di atas es ketika berkendara di GTA V. Mobil juga dibangun lebih solid dan tidak mudah hancur seperti seri-seri GTA sebelumnya.

Tidak lagi harus berkutat bingung dengan senjata yang Anda miliki, sebuah user-interface berbentuk wheel kini dapat dipicu untuk membantu Anda memilih dengan cepat dan tepat.

Tingkat survivalbilitas Anda akan sangat ditentukan pada seberapa sabar Anda bermain cover and shoot.

Auto-aim akan menjadi kompensasi atas ketidaknyamanan analog untuk membidik musuh yang ada.

Perubahan mekanik kentara lainnya tentu terletak pada sisi aksinya sendiri, ketika Anda harus terlibat dalam konfrontasi terbuka dengan kelompok bersenjata lainnya. Mengadaptasi animasi gerak dan gaya bersenjata Max Payne, Anda kini tidak perlu lagi dibingungkan dengan senjata yang ingin Anda gunakan. Tampilan pilihan senjata kini akan berubah dalam wujud wheel dengan perlambatan waktu sehingga Anda tidak akan mendapatkan damage yang signifikan selama melakukan hal ini.

Tentu saja, ini tidak lantas membuat Anda tak ubahnya Robocop yang anti-peluru. Pada akhirnya, tingkat survivabilitas Anda sangat ditentukan dengan seberapa efektif Anda melakukan shoot dan cover. Jangan takut sistem analog akan mengkhianati keinginan untuk menghabisi setiap ancaman yang ada, karena Anda juga akan dibantu dengan auto-aim.

Rockstar memperbaiki beberapa elemen kecil yang akan membuat pengalaman GTA V lebih baik. Bagi Anda yang seringkali frustrasi harus mengulang misi dari awal karena kesalahan yang tidak signifikan, GTA V kini menghadirkan setiap checkpoint untuk setiap misi tengah Anda jalani. Anda tidak perlu lagi menempuh segala sesuatunya dari awal ketika terbukti gagal. Perubahan lain yang cukup signifikan adalah sifat dan tingkah laku para polisi yang ada. Anda mungkin tidak akan lagi menemukan polisi yang berpatroli di tepi jalan atau mengawasi tindak tanduk Anda, namun percayalah, mereka kini hadir sebagai ancaman yang jauh lebih signifikan.

Masuk dalam mode buronan, Anda kini akan dihadapkan pada mekanik baru yang tak ubahnya tengah bermain “petak-umpet”. Tidak lagi menghilang bak sulap, para polisi kini dilengkapi dengan jarak pandang yang diperlihatkan dalam sudut berwarna biru untuk membantu Anda lepas dan melarikan diri. Bersembunyi hingga status buronan Anda usai adalah cara menyelamatkan diri terbaik. AI para polisi ini kini lebih pintar, sehingga Anda butuh ekstra kerja keras untuk memastikan diri dapat lari dari mereka.

Para polisi kini hadir dengan kekuatan yang lebih mematikan. Layaknya permainan petak umpet, Anda bisa menghilangkan status buronan dengan bersembunyi dari pandagan polisi dalam waktu tertentu.

Dunia super luas memang lebih menyita waktu ketika Anda harus bergerak ke titik tujuan. Namun pengalamannya sendiri pantas untuk dijajal. Detail lingkungan yang memanjakan mata akan senantiasai menemani Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga berkesempatan memicu random event dan bertemu dengan orang-orang yang mungkin signifikan di aksi-aksi kriminal Anda selanjutnya.

Enjoy the beautiful scenery!

Dunia yang luas memang akan membuat Anda lebih banyak berkendara di darat dan menghabiskan begitu banyak waktu untuk bergerak dari satu titik ke titik utama misi, misalnya. Taksi sebagai media “teleportasi” singkat tidak lagi banyak ditemui, membuat proses ini mungkin membosankan bagi beberapa gamer. Namun, di sinilah Rockstar menyuntikkan pesonan yang lain.

Selain berkesempatan untuk menikmati dunia yang lebih detail dan memanjakan mata, Anda juga akan bertemu dengan beragam random event jika beruntung. Anda bisa saja bertemu dengan orang yang kecopetan misalnya, dan membantu mereka. Atau bahkan yang lebih signifikan? Anda bisa saja bersinggungan dengan orang penting yang akan berpengaruh besar pada kondisi keuangan atau misi Anda nantinya. Worth the time!

Masuk ke sisi action. Bagi Anda yang senang bertempur terbuka, selalu ada celah untuk “bersenang-senang” dengan sedikit kekerasan. Untungnya, ada Ammu-Nation yang siap sedia menjadi gudang untuk senjata apapun yang Anda butuhkan. Namun tidak lagi sekedar membeli senjata yang lebih kuat, Anda kini juga berkesempatan untuk meng-upgrade setiap darinya untuk menghasilkan efek yang lebih mengancam. Menambahkan senter untuk bertempur di tempat gelap, membuat grip yang lebih solid, atau sekedar menambahkan kapasitas peluru yang ada akan membantu Anda lebih siap ketika berhadapan dengan setiap kondisi yang ada.

Satu yang menarik, GTA V tidak hanya mengusung sistem ini, tetapi juga menambahkan mekanik lain – stealth. Benar sekali, Anda yang ingin menyelesaikan beberapa misi secara diam-diam dapat memilih opsi yang satu ini. Mengendap pelan dan pasti, Anda bisa menundukkan ancaman dari belakang mereka dan tidak menghasilkan suara apapun. Pendekatan yang memang butuh sedikit ketekunan.

Mother of Simulators – Segudang Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan!

Ada segudang aktivitas yang bisa Anda lakukan di GTA V!

Apa yang membuat Anda begitu terkesima ketika melihat screenshot atau trailer awal GTA V sebelum dirilis oleh Rockstar? Sebagian mungkin jatuh cinta pada kemampuan Rockstar menciptakan detail dan visualisasi yang luar biasa. Namun bagi para gamer veteran GTA, adalah fakta bahwa developer ini menyuntikkan begitu banyak konten di GTA V untuk mengimbangi dunia gameplay yang begitu masif secara keseluruhan. Tenang saja, Anda tidak akan terperangkap pada sebuah dunia luas tanpa aktivitas. Rockstar mengadaptasikan begitu banyak mini-game yang cukup untuk membuat Anda teralihkan dari aktivitas misi utama. Tidak salah rasanya jika menyebut GTA V sebagai mother of simulators.

Bermain tenis, golf, terjun bebas, sekedar bermain dart, berenang, menyelam dengan kapal selam, balap mobil, ikut dalam kompetisi triathlon, jet ski, kegiatan atletik, sepeda, menggunakan beragam pesawat terbang, helikopter, atau sekedar menenangkan diri dengan yoga di halaman rumah adalah sederet dari sebagian aktivitas yang bisa Anda jalankan di GTA V. Menariknya? Ia bukan sekedar mini-game yang dikembangkan “asal jadi” tanpa keunikan sama sekali. Semua mekanik yang dijalankan di setiap aktivitas ini dikembangkan dengan serius dan dapat dinikmati dalam kenyamanan yang optimal. Tidak akan mengherankan jika Anda terperangkap pada keasyikan bermain tenis hingga berjam-jam dan melupakan misi utama Anda.

Kustomisasi mobil dan ikut dalam balapan liar.

Mengendarai pesawat terbang.

Ikut dalam lomba triathlon!

Menyelam

Yoga

hingga yang lebih standar seperti mengunjungi klub penari telanjang.

Tidak hanya untuk bersenang-senang, semua aktivitas ini juga berkorelasi kuat dengan kesempatan Anda untuk mengembangkan setiap sendi skill yang ditawarkan oleh karakter Anda sendiri. Misalnya? Anda yang mengharapkan kondisi fisik Michael yang bisa diandalkan dapat menggunakan beberapa aktivitas ini untuk membangun kualitas tersebut. Sebagai contoh? Menjajal triathlon berulang-ulang akan memberikan boost yang cukup signifikan untuk stamina. Sementara sekedar iseng mencuri pesawat dan menerbangkannya akan menyempurnakan kemampuan dasar yang sudah dimiliki oleh Trevor.

Kompleksitas Uang

Uang menjadi sangat berharga di GTA V. Apalagi dengan semua kompleksitas yang mengitari usaha untuk menebalkan isi dompet Anda ini.

Money is the root of all evils, pepatah lama yang satu ini memang sangat tepat menggambarkan kondisi dan konflik yang dihadapi oleh tiga serangkai: Michael, Franklin, dan Trevor. Terlepas dari aktivitas ilegal yang mereka lakukan, tujuan mereka hanya satu – mengumpulkan uang yang cukup untuk memastikan mereka dapat bersenang-senang di hari tua tanpa kekurangan sesuatu apapun. Namun seperti di dunia nyata, uang tidak jatuh dari langit.

Anda yang mengikuti review ini dari awal tentu saja sudah menangkap esensi yang berbeda antara tiga serangkai karakter di GTA V dan karakter-karakter di seri GTA sebelumnya. Benar sekali, profesionalitas. Ketika karakter-karakter di seri sebelumnya diposisikan sebagai pendatang baru di dunia kriminal, mereka yang baru hendak membangun “kerajaan” kriminal mereka sendiri, dua karakter utama di GTA V: Michael dan Trevor sudah melampaui jauh status tersebut. Mereka bukan lagi penjahat kacangan yang butuh bekerja di bawah penjahat yang lain.

Mereka adalah profesional yang mulai bisnis mereka sendiri, menentukan sendiri cara operasi mereka, dan butuh menghasilkan uang mereka sendiri. Mereka adalah para profesional. Disempurnakan dengan otak Lester dan jiwa muda – Franklin, pertanyaan yang terus mengemuka di otak adalah bagaimana mendapatkan uang lebih banyak.

Fakta bahwa Rockstar menyuntikkan identitas para karakter GTA V ini sebagai penjahat veteran membuat mereka cocok bekerja di bawah kendali kekuatan kriminal yang lain. Satu-satunya jalan terbaik tentu saja dengan “mencari” uang mereka sendiri.

Dan cara terbaik mewujudkan uang pensiun dini tersebut adalah dengan menggelar operasi perampokan besar-besaran yang disebut Heist.

Berangkat dari status inilah, Rockstar mendapatkan sebuah peluang baru untuk menciptakan seri GTA yang lebih epic, lebih masif, dan yang pasti jauh berbeda. Selamat tinggal usaha untuk mendapatkan uang dengan bekerja dengan orang lain karena sekarang Anda adalah ujung tombak bisnis. Dari celah inilah, meluncur segudang misi baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Yang terbaik? Sebuah identifikasi utama yang menjelaskan apa itu GTA V – Heist.

Heist adalah aksi perampokan / pencurian besar-besaran yang sebagian besar melibatkan ketiga karakter utama – Michael, Franklin, dan Trevor sebagai mastermind utama, tentu saja dengan peran masing-masing. Namun tidak seperti Anda yang merampok uang dari kasir toserba Los Santos, Heist selalu menawarkan putaran uang yang besar untuk dinikmati di akhir aksi. Merencanakan beragam alternatif cara yang ada, Anda akan memasuki tiga fase dalam Heist: perencanaan, ekskekusi, dan bagi hasil.

Perencanaan dimulai ketika Anda diminta untuk mengumpulkan resource yang dibutuhkan untuk perampokan, mengintai wilayah dan mencari alternatif jalan keluar, serta memilih metoda yang dianggap paling sesuai dengan gaya Anda bermain. Metode ini biasanya terbagi dalam dua jalur besar – stealth dan frontal, masing-masing tentu hadir dengan kelemahan dan kelebihannya sendiri. Anda juga harus memilih kru AI yang akan menemani aksi Anda, dengan peran yang berbeda dan signifikan seperti Gunmen, Hacker, dan pastinya – Driver. Semakin ahli kru AI ini, semakin besar pula potongan yang ia tuntut nantinya.

Anda bisa merampok toserba yang tersebar untuk mendapatkan sedikit uang ekstra. Namun menjadikannya sebagai “mata pencaharian” utama? Tidak akan pernah cukup untuk membiayai aktivitas kriminal Anda.

Tidak sekedar mengeksekusi, Anda juga harus menrencanakan dan menyiapkan resource yang ada untuk setiap Heist. Termasuk di dalamnya, memilih kru AI dengan peran berbeda yang tepat.

Anda diberikan kebebasan untuk memilih 1 dari dua metode Heist yang ada, tentu dengan sensasi, gaya permainan, dan konsekuensi yang berbeda-beda.

Fase selanjutnya? Tinggal eksekusi dan bersenang-senang!

Lalu masuk ke dalam fase eksekusi. Layaknya memainkan sebuah misi utama, Anda akan diminta untuk menyelesaikan beberapa objektif kecil dalam misi dengan kesempatan untuk berganti karakter ketika memang dibutuhkan. Ketika aksi Anda mulai bocor dan menarik perhatian pihak berwenang, disinilah tantangan terbesar mulai dihadapi. Jika Anda mengundang kru AI yang tepat, kemampuan skill mereka akan sangat teruji di fase yang satu ini.

Namun jika Anda berhasil melewati semua rintangan ini, maka Anda akan menuai hasil yang besar, tentu saja setelah Anda membaginya sesuai dengan persentase yang diinginkan oleh setiap kru yang ada. Satu-satunya cara Anda untuk mengumpulkan uang dengan cepat kini hanya bergantung pada heist ini saja.

Lantas apa yang harus Anda lakukan dengan ratusan ribu – jutaan USD yang tiba-tiba masuk ke kantong Anda setelah sebuah Heist berhasil dilakukan? Ada dua alternatif yang bisa dipilih: konsumsi atau investasi. Konsumsi berarti menggunakan uang ini untuk membelanjakan begitu banyak hal. Tidak hanya sekedar mengubah tampilan fisik dengan mengubah tatanan rambut, membeli pakaian super mahal, atau sekedar menambahkan tato. Dengan teknologi browser di smartphone masing-masing karakter, Anda bisa membeli sesuatu yang bahkan lebih prestisius. Lewat layanan online, Anda bisa membeli kendaraan mewah nan langka, kendaraan militer kelas berat seperti tank dan helikopter bermisil, atau bahkan pesawat jet.

Lantas apa yang bisa Anda lakukan dengan uang yang berhasil Anda kumpulkan dari Heist? Ada dua alternatif: belanja dan investasi.

Alternatif kedua adalah investasi, sesuatu yang bisa Anda habiskan untuk memperoleh lebih banyak uang di masa yang akan datang. Pilihan paling aman adalah properti. Benar sekali, sistem yang pernah hadir dan begitu memesona di GTA: Vice City ini kembali. Dengan menggunakan uang yang Anda dapatkan dari Heist, Anda bisa membeli beberapa alternatif properti yang ditawarkan. Sebagian darinya akan menawarkan penghasilan mingguan yang secara konstan masuk ke dalam rekening Anda, namun tidak signifikan.

Anda harus menyelesaikan beberapa misi tambahan untuk meningkatkan angka tersebut. Beberapa properti lain juga menyuntikkan kesempatan untuk menjelajahi aktivitas yang lain, yang tentu saja menghasilkan uang.

Proses lebih kompleks untuk menghasilkan uang ekstra adalah dengan mengambil resiko dan bermain di pasar saham. Ada dua pasar saham yang bisa Anda jajal – LCN yang bisa diakses secara offline dan BAWSAQ yang hanya bisa diakses via online.

Intinya tentu saja sederhana, membeli saham dengan harga serendah mungkin dan menjualnya di tingkat harga tertinggi, dan BAM! hanya dalam sekejap, Anda bisa menggandakan uang Anda hingga berkali-kali lipat. Namun tidak semuanya berdasarkan pada spekulasi. Percaya atau tidak, pasar saham LCN sangat rentan dimanipulasi oleh aksi Anda sendiri, tentu saja untuk menggenjot harganya di level tertinggi.

Satu cara yang paling efektif untuk menggandakan uang yang Anda miliki secara instan adalah dengan bermain di pasar saham LCN. Anda bahkan bisa memanipulasi harga dengan mengeksekusi aksi tertentu di Los Santos.

Pilihan kedua adalah dengan membeli properti dan bisnis untuk menghasillkan income konsisten per minggu, walaupun tidak besar. Bisnis seperti ini juga biasanya membuka peluang mini game lainnya untuk mendapatkan ekstra uang.

Dengan pemasukan yang terbatas dan heist yang hanya ditawarkan sebagai misi utama, menggenjot harga saham yang kita investasikan otomatis menjadi side mission yang tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi mengingat harga properti yang tidak akan terjangkau hanya dari mengandalkan heist. Anda bisa melakukan dua cara untuk menggenjot harga saham: melakukan sabotase kompetitor atau sekedar memaksa sang perusahaan terus mengeluarkan dana. Sebagai contoh? Ketika Anda menginvestasikan uang di perusahaan asuransi AUG yang berfokus pada asuransi kendaraan, Anda bisa menggenjot harga saham dengan menghancurkan sebanyak mungkin kendaraan di jalanan.

Contoh yang lain? Ketika Anda bermain dengan perusahaan pesawat terbang – AirEmu, Anda dapat menaikkan harga dengan terus menghancurkan pesawat kompetitior – FlyUS di bandara terdekat. Like i said before, money is the really roots of all evil!

Cara yang lebih terjamin adalah dengan mengikuti setiap nasehat yang ditelurkan oleh Lester di beberapa titik misi yang ada. Lester akan secara terang-terangan menyebut nama perusahaan yang akan dirugikan dan berpotensi untung jika Anda bermain di sana. Selalu turuti nasehat ini dan mulai investasikan uang yang Anda miliki sejak awal. Kompleksitas kian runyam ketika Anda memasuki BAWSAQ – pasar saham online yang fluktuasinya ditentukan oleh proses jual-beli dan aksi seluruh gamer GTA V di beragam belahan dunia. Aksi yang mereka lakukan terakumulasi dan kemudian didefinisikan lewat pergerakan saham yang ada. Luar biasa!

Trevor – Salah Satu Karakter Terbaik GTA

Salah satu pesona utama GTA V? Trevor Phillips! Karakter paling gila, brutal, kejam, dan keren di antara semua karakter yang pernah ditelurkan GTA sebagai sebuah franchise.

Ada begitu banyak alasan untuk mencintai GTA V, dan salah satu pesona tersebut terletak di pundak karakter yang pantas untuk menyandang predikat sebagai yang paling brutal, paling keren, paling gila, dan terbaik yang pernah ditelurkan Rockstar di keseluruhan franchise – Trevor Phillips. Walaupun semua karakter dibangun dengan apik lewat kombinasi engine wajah yang ekspresif dan voice acts yang luar biasas, ada sesuatu pada diri Trevor yang belum pernah ditawarkan Rockstar sebelumnya. Sedikit psikotik dengan tidak lagi memiliki batas moral yang jelas, Trevor adalah monumen kegilaan yang selama ini didambakan oleh banyak pencinta GTA. Tidak setengah-setengah, tanpa hati nurani, dan kejam.

Bukan berarti menihilkan peran Michael ataupun Franklin di jajaran karakter utama GTA V, hanya pesona yang mereka tidak segila Trevor. Jatuh cinta pada wanita yang lebih tua, membabat geng motor yang sempat dijagokan di masa lalu dengan begitu mudah, terlihat menikmati setiap proses yang terjadi di salah satu momen paling kontroversial – adegan penyiksaan oleh FIB, dan tidak pernah mengenal kompromi ketika sudah menetapkan apa yang ia inginkan. Mengkombinasikannya dengan statusnya sebagai mantan anggota militer AS dan keahliannya menggunakan senjata dan kendaraan militer lain, Trevor adalah mimpi buruk bagi siapapun menghalangi jalannya. Triad? FIB? Trevor berdiri di atas semua hal tersebut. Anda bisa melihat bagaimana kemarahan terproyeksikan secara konstan dari sosok yang satu ini.

Looks badass!

Tidak ada batas moral yang hitam-putih bagi sisi psikotik Trevor.

Menikmati setiap detik dari aksi penyiksaan tidak manusiawi yang ia lakukan, Trevor menebar ketakutan dan ancaman, tidak hanya pada musuh, tetapi juga teman.

Salah satu kehebatan Rockstar di GTA V adalah keberanian mereka untuk memperlihatkan semua konten kekejaman dan seksual dalam kualitas yang tidak setengah-tengah dan sangat eksplisit. Dan sebagian besar konten tersebut sangat terwakili di kepribadian Trevor sendiri. Adegan penyiksaan kontroversial yang ia lakukan di salah satu misi GTA V akan menjadi bagian yang tidak terlupakan di sepanjang sejarah GTA sebagai sebuah franchise.

Kesimpulan

Rockstar berhasil membuktikan bahwa biaya produksi sebesar USD 256 juta yang mereka gelontorkan memang menghasilkan sebuah mahakarya yang luar biasa, sebuah game open-world yang tidak diragukan lagi, merupakan yang terbaik di kelasnya. Sebuah definisi kebebasan yang baru, sebuah standar kualitas yang tidak mudah ditundukkan, sebuah monumen bagaimana inovasi selalu menjadi nilai jual game yang efektif. Bravo Rockstar, Bravo GTA V!

GTA V tidak perlu diragukan lagi merupakan game open-world terbaik yang pernah hadir di industri game. Ia bahkan bisa dikatakan mendefinisikan ulang genre ini secara keseluruhan, menawarkan sebuah standar baru akan konsep “dunia yang bebas” dengan kualitas yang tidak mudah untuk ditundukkan. Kehadiran tiga karakter utama tidak hanya menawarkan inovasi gameplay yang baru, tetapi juga cara bercerita dan menawarkan plot yang terhitung unik. Kesempatan untuk menghadirkan pengalaman bermain yang lebih intens juga hadir lewat aksi kejahatan dengan skala yang lebih besar di Heist, dimana tidak hanya mengeksekusi, Anda juga dilibatkan dalam proses perencanaan dan pemilihan kru di dalamnya. GTA V melemparkan semua formula kejahatan skala besar ala film Hollywood dalam genggaman tangan Anda.

Dipadukan dengan visualisasi mumpuni penuh detail, musik, dan segudang aktivitas yang bisa Anda lakukan di dalamnya, GTA V memfasilitasi harapan dan keinginan Anda untuk menikmati sebuah game open-world sesungguhnya.

Namun sayang seribu sayang, GTA V tidak sesempurna yang dibayangkan. Ada beberapa elemen yang justru menyimpang dari ekspektasi yang ada, apalagi setelah “kemewahan” yang ia tawarkan dari sejumlah screenshot dan trailer yang memesona. Salah satu yang paling fatal? Heist sendiri. Walaupun mekanisme ini menghadirkan ilusi peran tiga serangkai yang lebih signifikan di dunia kriminal, namun fakta bahwa ia hadir sebagai bagian dari misi dan tidak bisa secara bebas dieksekusi menjadi pukulan tersendiri.

Padahal sejak awal, trailer GTA V seolah memberikan impresi bahwa Anda memiliki kebebasan untuk memulai dan merencanakan Heist untuk merampok Bank atau toko perhiasan manapun yang Anda inginkan dan tentu saja mengumpulkan darinya. Sayangnya, Heist justru menjadi bagian progress cerita saja dan tidak ditawarkan sebagai bagian dari side mission.

Kelemahan lainnya ada pada usaha Rockstar untuk menyuntikkan sedikit “kegilaan” di dalam GTA V, yang menurut kami, justru mencederai usaha mereka untuk membangun sebuah konsep dunia yang mengakar pada realitas. Alien dan badut-badut menyeramkan sebagai akibat dari konsumsi narkotika masih terhitung sebuah konsep yang bisa diterima.

Namun begitu Anda masuk ke dalam misi Rampage dari Trevor, semua ilusi plot yang mengakar pada dunia yang realistis seolah sirna begitu saja. Apa pasal? Sekuat, segila, dan se-badass apapun Trevor, ia tetap tidak mungkin cukup kuat untuk menahan gempuran ratusan peluru senapan mesin bahkan menaklukkan beberapa tank seorang diri dengan pelontar granat. Sebuah blunder yang terhitung fatal, walaupun misinya sendiri memang cukup menyenangkan untuk ditaklukkan.

Namun terlepas dari dua kekurangan utama ini, Rockstar berhasil membuktikan bahwa biaya produksi sebesar USD 256 juta yang mereka gelontorkan memang menghasilkan sebuah mahakarya yang luar biasa, sebuah game open-world yang tidak diragukan lagi, merupakan yang terbaik di kelasnya. Sebuah definisi kebebasan yang baru, sebuah standar kualitas yang tidak mudah ditundukkan, sebuah monumen bagaimana inovasi selalu menjadi nilai jual game yang efektif. Bravo Rockstar, Bravo GTA V!

Kelebihan

Fakta bahwa ia merupakan game yang dirilis untuk sebuah konsol dengan teknologi lawas 7 tahun yang lalu tidak lantas membuat kualitas grafis GTA V di bawah standar. Looks at that lighting effect..
-Kualitas grafis dengan efek visual yang apik
-Detail lingkungan yang dibangun dengan seksama
-Mekanisme tiga karakter
-Heist yang inovatif
-Segudang aktivitas yang bisa dilakukan
-Uang yang benar-benar terasa berharga
-Sistem pasar saham yang kompleks
-Penyempurnaan mekanik gameplay
-Voice acts yang luar biasa
-Trevor Phillips
-Konten brutalitas dan seksual yang lebih eksplisit

Kekurangan

Alien, monyet, dan badut serem karena pengaruh nartkotika? Masih rasional. Namun fakta bahwa mode Rampage memungkinkan Trevor menghancurkan tank dan membunuh puluhan pasukan khusus seorang diri benar-benar mengaburkan ilusi dunia realistis yang diusung GTA V.
Heist yang ternyata hanya muncul sebagai misi utama
Misi Rampage Trevor yang mengaburkan akar realisme GTA V

Cocok untuk gamer: penggemar GTA, pencinta game-game open-world, cukup umur

Tidak cocok untuk gamer: belum cukup umur, anti-kekerasan
 
Berita Extra © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top