Terlepas dari beragam genre, franchise, dan developer yang berdiri di belakangnya, industri game sebenarnya berfokus pada satu tujuan jangka panjang yang sama – menghadirkan beragam elemen yang mampu merepresentasikan kondisi di dunia nyata. Kita tidak hanya membicarakan kualitas visualisasi, tetapi juga penerapan hukum-hukum fisika di dalamnya. Perjalanan untuk mewujudkan hal ini memang harus diakui, masih jauh. Salah satu buktinya? Sistem kehancuran yang kini diadaptasikan oleh sebagian besar game bergenre action. Aksi Anda mungkin akan menghasilkan efek dalam skala yang kecil, namun cukup untuk mengubah total cara dan gaya bermain? Hampir tidak ada game yang menerapkannya. Hal inilah yang disoroti oleh Havok.
Dalam wawancaranya dengan Games Industry International, Andrew Bowell dari Havok menyatakan bahwa platform next-gen harus lebih berfokus untuk menciptakan lingkungan yang dapat dihancurkan secara total. Ia bahkan menegaskan bahwa mekanisme gameplay yang tidak memungkinkan gamer untuk melubangi dinding dengan tangan kosong atau menghancurkan meja sesuai dengan keinginan akan menjadi sesuatu yang tidak dapat lagi diterima. Havok percaya bahwa fitur seperti inilah yang akanmendefinisikan kemampuan Playstation 4 dan generasi XBOX selanjutnya. Sebagai salah satu penyedia engine phsyics untuk beberapa franchise raksasa, “mimpi” inilah yang tampaknya akan berusaha dikejar oleh developer yang satu ini.
Havok menyatakan bahwa game yang tidak memungkinkan gamernya untuk menghancurkan elemen lingkungan yang ada akan menjadi tren yang tidak bisa lagi diterima.